Toko Aplikasi Android Selain Google Play Store

Di mana mencari dan mengunduh aplikasi di sistem operasi Android? jawabanya tentu Google Play Store atau dulu sempat bernama Android Market. Google Play Store saat ini memiliki koleksi lebih dari 1,6 juta aplikasi.

Meskipun begitu terkadang tidak semua aplikasi yang pengguna inginkan ada di sana. Hal ini dapat terjadi karena untuk dapat masuk ke Play Store, sebuah aplikasi harus memenuhi beberapa persyaratan yang ditentukan.

Memang Google Play Store sudah menjadi toko aplikasi bawaan di setiap gawai Android.

Namun di luar sana terdapat beberapa toko aplikasi Android lainnya yang menawarkan nilai tambah dibanding buatan Google. Sebut saja seperti menawarkan aplikasi berbayar secara gratis dan legal, aplikasi yang tidak lolos persyaratan Google, atau aplikasi yang memberikan antarmuka yang lebih baik.

Ada sisi negatifnya, seperti lebih rendahnya tingkat keamanan dari aplikasi-aplikasi yang disajikan jadi pengguna harus lebih berhati-hati dalam mengunduh dan menggunakan aplikasi dari toko alternatif ini.

Perlu diingat untuk bisa memasang toko aplikasi pihak ketiga ini pengguna diwajibkan untuk mengaktifkan pilihan “unknown sources” dibawah tab pengaturan Setting -> Security.

Berikut kami berikan empat toko aplikasi alternatif Google Play Store yang paling aman (tidak berdasarkan urutan):

AppBrain

Toko aplikasi yang satu ini dapat diandalkan bagi pengguna yang menginginkan aplikasi berbayar secara gratis. Secara berkala toko aplikasi ini memasukkan aplikasi-aplikasi berbayar dari para pengembang untuk dapat diunduh secara gratis sebagai ganti untuk mendapatkan publisitas.

Selain itu, AppBrain juga memiliki antarmuka yang baik dengan tampilan rating dan komentar dari komunitas AppBrain. Layaknya Play Store ada juga daftar aplikasi terbaik mingguan.

Aptoide

Aptoide memiliki tampilan antarmuka yang mirip dengan Google Play Store dan memiliki koleksi aplikasi yang berkualitas tinggi. Beberapa aplikasi berbayar di Play Store malah disediakan gratis di sini, namun aplikasi tersebut sudah diisi dengan kehadiran iklan.

Setelah mengunduh, Aptoide juga sediakan fitur cek pembaruan sehingga pengguna dapat terus menggunakan aplikasi versi terbaru. Aptoide dapat diakses melalui situs versi desktop atau menggunakan aplikasi.

Getjar

Bagi Anda yang pernah menggunakan ponsel dengan sistem operasi Symbian mungkin familiar dengan nama ini. Getjar kini merupakan toko aplikasi cross-platform yang tentu menyediakan kumpulan aplikasi-aplikasi Android.

Getjar membagi koleksi mereka dalam beberapa kategori dan pengguna dapat memberikan komentar atau memilih layaknya Play Store. Selain itu dengan kehadiran “Appday” pengguna dapat mengunduh aplikasi berbayar dengan gratis.

Yang cukup menyebalkan dari Getjar adalah jika mengunduh aplikasi gratis pengguna akan diwajibkan mengisi survei terlebih dahulu atau melihat iklan yang ditampilkan.

F-Droid

F-Droid merupakan toko aplikasi yang memiliki spesialisasi menyediakan tempat hosting bagi aplikasi open-source. Jika Anda merupakan pengguna yang senang bereksplorasi dengan aplikasi-aplikasi baru yang eksperimental, F-Droid bisa dijadikan referensi.

Namun karena sifatnya yang open-source, pengguna harus ekstra hati-hati karena aplikasi yang tersedia tidak dijamin kualitasnya.