Tips Investasi Saham Biar Dapat Profit Konsisten

Profit dan menjanjikan. Itulah dua kata yang sangat menggambarkan tentang investasi saham. Bagaimana tidak? Investasi menjadi salah satu cara untuk yang dilakukan sebagian orang untuk mengubah kondisi keuangannya, bahkan ada yang ingin mengubah nasib melalui investasi saham.

Namun, untuk bisa menghasilkan keuntungan dan profit yang konsisten, tentu dibutuhkan berbagai persiapan seperti kemampuan menganalisa dengan baik, literasi keuangan yang mumpuni, dan kesiapan diri secara psikis. Dengan menyiapkan 3 hal ini, dijamin investasi saham yang akan kamu jalani akan lebih menyenangkan.

Di samping itu, ada juga beberapa hal yang sebaiknya kamu lakukan demi bisa menghasilkan profit yang konsisten dari investasi saham. Penasaran bagaimana caranya? Yuk, langsung intip investasi saham ala SFAST di bawah ini!

1. Punya Rencana Keuangan 

Investasi saham jadi enggak bermakna kalau rencana keuanganmu masih rancu. Biar investasi saham jadi lebih bermakna dan bisa mendatangkan banyak manfaat seperti profit. Yuk, tentukan terlebih dahulu rencana keuanganmu dalam jangka waktu panjang maupun pendek. Dengan begitu, investasi saham jadi lebih terarah.

2. Memahami Kondisi Pasar 

Agar profit investasi saham bisa dirasakan secara signifikan, kamu perlu mempelajari analisa teknikal. Hal ini perlu dilakukan agar kamu bisa memprediksi kondisi pasar. Dengan begitu, kamu jadi lebih siap dan bijak mengambil keputusan yang tentunya berdampak pada kondisi keuanganmu.

3. Utamakan Beli Saham Berfundamental Baik 

Selain analisa teknikal, kamu juga perlu memahami analisa fundamental pada investasi saham. Hal ini wajib dilakukan lantaran kamu perlu mencari tahu lebih dalam apakah sebuah perusahaan memiliki kondisi keuangan yang baik. Selain itu, analisa fundamental juga bisa membantu kamu memahami lebih dalam tentang strategi bisnis suatu perusahaan. Sehingga, kamu bisa menilai apakah perusahaan tersebut bisa tumbuh dan berkembang secara berkepanjangan, atau malah sebaliknya.

Baca Juga :  Beda Investasi Jangka Pendek, Menengah, dan Panjang

4. Utamakan Beli Saham yang Rutin Membagikan Dividen 

Biasanya, sebuah perusahaan atau emiten yang sehat akan membagikan dividen setiap tahun dari hasil keuntungan. Dari sini, kita bisa menilai bahwa perusahaan tersebut memiliki strategi yang maju dan dari sisi keuangan bisa dibilang sehat. Untuk mengetahui apakah emiten tersebut rutin membagikan dividen atau tidak, kamu bisa cek di website Bursa Efek Indonesia ya!

5. Cek Portofolio Investasi Saham secara Berkala 

Usahakan untuk sisihkan waktu beberapa saat guna mengecek portofolio investasi saham ya. Hal ini sangat perlu dilakukan untuk mengetahui timing yang tepat kapan harus membeli, melepas, atau mempertahankan emiten.

6. Sabar dan Jangan Mudah Panik 

Kesiapan diri secara psikis sangat dianjurkan sebelum memutuskan terjun di dunia investasi saham. Hal ini perlu dipersiapkan karena kondisi pasar modal yang tak menentu sehingga mengharuskan diri untuk “maklum” dan bersabar saat kondisi pasar sedang enggak baik. Jangan mudah panik dan tetap semangat investasi sahamnya ya!

7. Bangun Kedisiplinan Diri dalam Investasi Saham 

Agar profit bisa dirasakan secara optimal, mulai dari sekarang kamu wajib membangun komitmen dan kedisiplinan pada diri sendiri untuk terus berinvestasi saham secara berkala. Dengan cara ini, kamu tak hanya bisa meningkatkan aset, tetapi kemungkinan mendapatkan dividen yang lebih besar juga semakin terbuka.