Saham Sebagai Alternatif Media Investasi

Ketika melakukan investasi sebaiknya kita melakukan diversifikasi media investasi. selain faktor untuk keamanan , cara ini juga bisa untuk meningkatkan keuntungan dari hasil investasi yang kita lakukan. Ada sejumlah media investasi yang dipilih oleh investor seperti deposito,valuta asing, Reksadana, atau Saham. Setiap jenis media investasi tersebut memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Begitu juga dengan saham.

Saham adalah salah satu instrumen pasar modal yang diperjualbelikan di pasar modal yang dikelola oleh Bursa Efek Indonesia (BEI). dan juga paling diminati investor karena memberikan tingkat keuntungan cukup menarik. Selain itu, pemerintah indonesia telah memberikan berbagai perlindungan terhadap investor saham. jadi kita sebagai investor akan merasa aman ketika berinvestasi menggunakan saham.

Keuntungan Investasi Saham

istilah yang sering kita dengar di dunia investasi khususnya dalam investasi saham yaitu “high gain, high risk”, profit yang dihasilkan dari berinvestasi saham sangat tinggi, meskipun memiliki risiko yang tinggi juga. keuntungan saham dapat diperoleh dari capital gain dan dividen. capital gain terjadi jika harga jual saham lebih tinggi dibandingkan harga belinya.

selain capital gain, pendapatan investasi saham juga dapat diperoleh dari dividen. Dividen adalah pembagian bagian keuntungan perusahaan kepada para pemegang saham. Besarnya dividen yang dibagikan perusahaan ditentukan oleh para pemegang saham pada saat berlangsungnya RUPS (Rapat Umum Pemegang Saham ).

Perusahaan belum tentu membagikan dividen. walaupun perusahaan tersebut mencatat keuntungan atau laba. Hal ini disebabkan diantaranya karena perusahaan ingin melakukan ekspansi usaha atau mengurangi beban hutang perusahaan.

Tetapi, bisa saja perusahaan yang mengalami kerugian dapat membagikan dividen. Dana untuk dividen ini dapat berasal dari laba yang ditahan perusahaan tersebut. Selain itu dengan kita berinvestasi saham kita bisa mengantisipasi tabungan untuk hari tua nanti agar terhindar dari bahaya inflasi, sehingga nominal uang yang kita miliki tetap miliki nilai yang sama.

Baca Juga :  Cara Mudah Investasi di Pasar Modal, Pemula Juga Bisa