Pentingnya Mengatur Keuangan Sejak Usia Masih Muda

Mengatur keuangan di usia yang masih muda bukan hal yang gampang. Sulit bagi anak muda untuk menabung, apalagi yang baru saja mendapatkan pekerjaan dengan gaji yang menurutnya lumayan. Pastilah otaknya kemana-mana, ah bulan depan beli ini, bulan depan beli itu, lalu saya juga ingin ini, dan saya juga ingin itu.

Seberapa banyak barang yang ingin di beli oleh seorang anak muda yang baru saja bekerja? tidak ada batasnya. Keinginan akan membeli ini dan itu sangatlah besar. Keinginan untuk memiliki sangat besar.

Yang jadi pertanyaannya, seberapa pentingkah barang yang kamu inginkan tersebut untuk masa depanmu? rata-rata anak muda tidak akan berfikir jauh sampai kedepan. Hanya memikirkan kesenangan sesaat saja.

Sangat sedikit anak muda yang rajin menabung untuk masa depannya. Rata-rata, sebesar apapun gaji yang dihasilkan dari pekerjaanya akan habis dalam 1 bulan. Dikasih gaji sebulan 2 juta habis, sebulan 4 juta habis, sebulan 6 juta habis, sebulan 10 juta pun juga habis.

Tidak ada tabungan untuk hal hal yang darurat, kalau ada kebutuhan darurat lebih ke berhutang, nanti bayarnya nyicil. Kebutuhan darurat lagi, hutang lagi, bayarnya cicil lagi. Anak muda cenderung sulit untuk di didik, usia antara 18-25, ya setelah lulus SMA. Kalau dikasih nasehat jawabnya, kayak situ gak pernah muda aja.

Kenapa mengatur keuangan sejak muda itu penting? Karena kamu tidak pernah tahu akan apa yang akan terjadi di masa depan. Tidak tahu seberapa lama kamu bisa mendapatkan penghasilan, tidak tahu kapan membutuhkan biaya secara mendadak.

Kamu akan menyesalinya ketika sudah berusia lebih dari 30 tahun, dan tidak memiliki tabungan sama sekali. Dan akan lebih menyesal lagi jika di usia muda hanya untuk hura-hura melakukan hal-hal yang tidak bermanfaat.

Baca Juga :  Produk Keuangan Untuk Setiap Tangga Kehidupan

Manfaatkanlah masa muda untuk mencari harta sebanyak mungkin untuk masa tua kamu sendiri. Jangan berfikir kalau sekarang habis ya besok cari lagi, itu salah besar.

Kamu juga harus berfikir kemungkinan terburuk jika kamu tidak memiliki pekerjaan, atau dikeluarkan dari pekerjaan Anda yang lama. Jangan berfikir mencari pekerjaan dengan gaji yang cukup itu hal yang mudah.

Ketika kamu masih muda, mungkin masih banyak pabrik atau perusahaan yang membutuhkan tenagamu. Masih merasa mudah untuk mencari pekerjaan. Tapi, ketika usiamu sudah diatas 30 tahun, mencari pekerjaan baru dengan gaji yang layak bukan hal yang mudah. Karena itulah penting untuk menabung dan mengatur keuangan sejak muda.

Sebelum kamu menyesal dikemudian hari, baiknya rubah gaya hidup mulai sejak masih muda dan mulai berfikir untuk masa tua. Bagaimana cara mendapatkan motivasi untuk mengatur keuangan? Kamu bisa bertanya kepada senior, tentang pengalaman hidupnya. Jangan hanya bertanya pada 1 orang, tapi tanyakan pada banyak orang yang kamu kenal, baik itu saudara, sahabat, atau siapapun itu.

Ketika kamu sudah mendengarkan pengalaman hidup banyak orang dalam hal keuangan, kamu akan dapat menyimpulkannya sendiri. Banyak dari mereka yang sudah berusia lebih dari 30 tahun menyesal akan masa mudanya, kenapa dulu tidak menabung, kenapa dulu tidak bisa mengatur keuangan dengan baik, dan penyesalan lainnya.

Banyak pula dari mereka yang berusia 30 tahun sudah menikmati hasil dari kerja kerasnya di masa muda. Baru menikah usia 25 dan di usia 30 tahun sudah punya rumah, mobil, dan penghasilan yang cukup untuk sehari-hari sembari menabung untuk masa tua.