Pentingnya Literasi Keuangan bagi Masyarakat di Era Modern

Semakin lama kehidupan dunia semakin berkembang dan berubah. Berbagai macam bidang telah mengalami berbagai perkembangan yang pesat mulai dari bidang teknologi, ekonomi, dan lain sebagainya. Di era yang serba modern ini kita bisa melakukan banyak hal dengan mudah dan praktis. Kita bisa mencari berbagai informasi dan ilmu pengetahuan di berbagai situs internet. Hal ini tentu saja memudahkan kita dalam memperoleh pengetahuan tentang sesuatu. Tidak terkecuali pengetahuan mengenai literasi keuangan atau lebih mudah disebut dengan melek keuangan.

Jika banyak orang yang memanfaatkan teknologi yang sudah modern ini, tidak hanya untuk bermain sosial media dan berbagai kegiatan lain yang menghabiskan waktu, tentunya seluruh masyarakat Indonesia bisa lebih bijak dalam pengelolaan keuangan karena mereka bisa memanfaatkan teknologi yang sudah ada untuk mencari berbagai ilmu pengetahuan sebagai cara meningkatkan literasi keuangan di tengah masyarakat.

Kemudahan dalam mendapatkan informasi dan melakukan sesuatu, contohnya, dalam hal berbelanja. Zaman sekarang kita tidak perlu mendatangi langsung ke tempat atau toko yang ingin kita tuju. Kita tinggal membuka aplikasi penyedia belanja online untuk mendapatkan barang yang kita inginkan. Hal ini tentu membuat masyarakat mudah “teracuni” untuk membeli barang-barang yang seringkali tidak masuk dalam kolom kebutuhan karena kemudahan dalam penggunaannya.

Adanya sosial media juga membuat orang-orang mudah tergiur dengan penampakan depan dan hasil promosi dari selebgram yang dibayar. Padahal testimoni dari selebgram tersebut belum tentu sesuai dengan kenyataannya karena selebgram ini hanya melaksanakan tugasnya sebagai promotor.

Kebutuhan pemahaman mengenai literasi keuangan ini tentu sangat dibutuhkan apalagi bagi generasi muda, seperti remaja yang masih mencari jati diri dan menyukai berbagai macam tantangan sehingga membuat mereka mudah terbawa arus lingkungan yang membuat tingginya perilaku konsumtif remaja.

Baca Juga :  Perlunya Belajar Keuangan agar Tak Perlu Kepepet Menggunakan Pinjol

Jika seseorang itu mempunyai literasi keuangan yang baik maka ia dapat mengelola keuangannya dengan lebih bijak. Uang yang didapat tidak akan habis hanya untuk memenuhi hasrat atau keinginannya. Uang tersebut juga tidak akan habis untuk hal-hal yang tidak terlalu berguna seperti mengikuti gaya hidup mewah para artis, mengikuti mode masa kini yang jika tidak diikuti katanya bisa dibilang ketinggalan zaman, ataupun hanya karena keperluan gengsi semata

Literasi keuangan sangat penting untuk kehidupan masyarakat zaman sekarang apalagi untuk orang yang belum bisa mengatur arus pengeluaran keuangannya. Uang yang dimiliki bisa dipakai untuk berinvestasi agar tidak hanya dihabiskan untuk berbelanja ataupun memenuhi gaya hidup mewah. Terdapat banyak jenis investasi, contohnya reksadana. Reksadana merupakan salah satu jenis investasi yang cocok untuk pemula dan ramah untuk remaja sekalipun. Berinvestasi juga bisa menjadi ladang uang bagi kita. Sudah banyak sekali aplikasi — aplikasi yang menawarkan investasi reksadana yang aman dengan fitur yang menarik dan juga modal yang ditawarkan masih ramah kantong. Perkembangan zaman membuat segala kegiatan menjadi lebih mudah.

Dengan berbagai kemudahan yang ada, kita sebagai masyarakat sebaiknya memanfaatkan fasilitas yang ada untuk selalu menambah pengetahuan mengenai berbagai hal tak terkecuali pengetahuan mengenai keuangan. Pengetahuan mengenai keuangan bukan hanya bermanfaat pada pengendalian keuangan pribadi saja, tetapi juga membuka pikiran kita untuk bisa mengerti dan memahami permasalahan keuangan nasional. Dengan begitu, kita sebagai masyarakat tentunya harus bisa melek keuangan karena hal itu sangat bermanfaat bagi kehidupan kita sekarang dan di masa yang akan datang.