Pentingnya Kesadaran Investasi sebagai Modal Jangka Panjang Menuju Era Industri 5.0

Seperti yang kita tahu bahwa trend investasi ini sedang ramai-ramainya dibicarakan, trend ini muncul ketika wabah covid-19 menyerang sehingga banyaknya masyrakat mengelami penuruna pendapatan. Lalu faktor lainnya ialah dikarenakan banyaknya influencer (selebgram) yang melakukan investasi ini mengalami keuntungan yang pesat sehinga banyak masyarakat tergiur untuk mencobanya.

Tapi sebelum kita mencoba untuk melakukan investasi alangkah baiknya kita melakukan research lebih dalam terkait “apa itu investasi?”. Dikutip dari laman sikapiuangmu.ojk.go.id, pengertian investasi adalah penanaman modal, biasanya dalam jangka panjang untuk pengadaan aktiva lengkap atau pembelian saham-saham dan surat berharga lain untuk memperoleh keuntungan.

Secara sederhana, investasi merupakan mengembangkan uang atau aset lain agar memberikan keuntungan di masa mendatang untuk mencapai tujuan tertentu. Tujuan-tujuan tertentu yang dimaksud seperti keinginan membuka usaha, menikah, menyekolahkan anak, membangun rumah, kebutuhan pensiun dan sebagainya.

Namun apakah kalian tahu bahwa adanya sistem investasi ini bisa meningkatkan pertumbuhan ekonomi negara. Bagaimana bisa? pada hakekatnya ivestasi merupakan langkah awal kegiatan pembangunan ekonomi.

Dinamika penanaman modal mempengaruhi tinggi rendahnya pertumbuhan ekonomi, mencerminkan tinggi dan lesunya pembangunan. Dikarenakan isu mengenai investasi sering mendapat banyak tanggapan oleh para teoritisi dan praktisi pembangunan.

Pandapat tentang pentingnya investasi dalam manunjang pembangunan negara-negara berkembang dimulai dengan ditemukannya model pertumbuhan setelah perang dunia ke II yaitu pada tahun 1950-an dan 1960-an oleh beberapa ahli pembangunan seperti Rostow dan Harrod-Domar.

Menurut Rostow bahwa setiap upaya untuk tinggal landas mengharuskan adanya mobilitas tabungan dalam dan luar negeri dengan maksud untuk menciptakan investasi yang cukup, untuk mempercepat pertumbuhan ekonomi.

Dari banyaknya tanggapan-tanggapan tersebutlah investasi dipercaya tidak hanya dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi per individu namun bisa sampai satu negara. Krarena pemerintah merupakan salah satu pelaku ekonomi yang semakin penting perannya dalam perekonomian modern. Aktivitas ekonomi yang dilakukan pemerintah ditunjukkan untuk perubahan struktur ekonomi oleh kebijakan fiskal melalui penetapan rencana anggaran penerimaan dan belanja negara.

Baca Juga :  Kenalan dengan Trading Forex dan Kekurangannya untuk Investasi

Setelah kita tahu definisi serta manfaat dari invesitasi barulah kita bisa melakukan sebuah riset. Sebagai sesorang yang ingin memulai investasi alangkah baiknya kita harus tau tujuan awal kita untuk apa, karena investasi merupakan tabungan kita untuk jangka panjang.

Setelah itu baru kita memilih jenis investasi apa yang akan kita ambil dengan mempertimbangkan profil resikonya, dan yang paling penting tetap konsisten dan mau terus belajar. Dengan demikian kamu sudah siap untuk menuju era industri 5.0.