Mengetahui Sistem Keuangan Digital

Adalah suatu sistem keuangan, sistem pembayaran atau investasi yang menggunakan layanan bersifat digital seperti web, seluler atau yang berbasis teknologi. Karena di era sekarang ini semakin canggih dan pesatnya perkembangan teknologi, maka sistem ini adalah salah satu sistem yang dapat memudahkan para pemakainya guna melakukan transaksi, investasi, jual beli atau hal lainnya yang berkaitan dengan keuangan.

Seperti contohnya yaitu tabungan digital, layanan keuangan digital dan juga bermanfaat untuk membantu masyarakat yang belum pernah berhubungan secara langsung dengan bank.

Selain itu juga manfaat dari adanya sistem digital ini yaitu dapat memberikan kemudahan dan kecepatan serta dapat menghemat waktu dalam melakukan transaksi, seperti contohnya BRI dengan BRImo, Mandiri dengan Mandiri Livin, Dana, Ovo, Link Aja, Go-pay, Flip dan lain sebagainya. Juga bisa terhindar dari kesalahan-kesalahan dalam perhitungan, keamanan data dan informasi lebih terjamin.

Adapun jenis transaksi yang sering dilakukan antara lain yaitu beli pulsa, membayar tagihan listrik dan telepon atau internet, top up, membeli tiket Transportasi (seperti kereta api, pesawat, dll), membayar iuran BPJS, membayar angsuran dan belanja online khususnya di market place.

Dengan adanya perubahan pola hidup di masyarakat yang menginginkan hal-hal yang dapat dengan mudah dilakukan, dan didukung dengan adanya smarthphone dalam kegiatan sehari-hari, terutama dalam penggunaan teknologi informasi menyebabkan berbagai macam pelayanan menjadi lebih praktis dan mudah, yang awalnya dalam melakukan pembayaran harus bertatap muka dan membawa sejumlah uang tunai, kini dapat melakukan transaksi jarak jauh dengan melakukan pembayaran yang dapat dilakukan dengan hitungan detik saja.

Seiring dengan peningkatan tersebut, aplikasi sistem keuangan digital saat ini berlomba-lomba mawarkan kemudahan dan kelengkapan fitur untuk memenuhi kebutuhan keuangan milenial di era yang serba digital.

Pada saat ini kebanyakan orang sudah tidak lagi menggunakan layanan perbankan dengan cara yang lama, bahkan sudah menjadi nasabah dari layanan digital bank, apalagi di tengah kondisi Pandemi Covid-19 dimana terdapat berbagai pembatasan sosial, sehingga masyarakat menggunakan sistem digital sebagai sarana transaksi.

Era teknologi merupakan era dimana kehidupan serta aktivitas masyarakat akan lebih mudah dan efektif dikarenakan peran dunia digital. Penerapan teknologi digital pada berbagai sektor serta industri sudah mendorong terjadinya perubahan proses produksi dan proses usaha sehingga lebih efisien, lebih cepat, serta pula lebih produktif. Kehadiran teknologi digital juga mendorong terciptanya kreativitas dan inovasi-inovasi baru yang menguntungkan.

Industri keuangan adalah salah satu industri yang dianggap sarat dengan teknologi modern, sehingga kehadiran teknologi digital telah diakui di berbagai kegiatan industri jasa keuangan seperti perbankan, pasar modal, dan industri keuangan non-bank lainnya. Pada hal ini yang paling diharapkan pemerintah dan masyarakat adalah bisa mendorong serta menaikkan jumlah masyarakat yang mempunyai akses agar bisa memakai layanan keuangan berbasis digital.

Seiring perubahan gaya hidup masyarakat yang sekarang ini didominasi oleh pengguna teknologi informasi dan tuntutan hidup yang serba cepat dengan sistem digital. Permasalahan dalam traksaksi jual-beli dan pembayaran seperti tidak sempat mencari barang ke tempat perbelanjaan, ke bank /ATM untuk mentransfer dana, serta keengganan mengunjugi suatu tempat sebab pelayanan yang kurang menyenangkan bisa diminimalkan, atau dengan istilah lain bisa membantu transaksi jual-beli serta sistem pembayaran menjadi lebih efisien serta ekonomis tetapi tetap efektif.

Kemudahan serta kecepatan dalam menggunakan atau mendapatkan produknya mengakibatkan sistem digital diminati masyarakat serta pebisnis, khususnya pebisnis kecil dan menengah. Keuangan digital mengadaptasi perkembangan teknologi yang diharapkan mampu menghadirkan proses transaksi keuangan yag lebih mudah, aman serta modern.

Baca Juga :  Laporan Keuangan yang Wajib Diketahui Investor Saham

Dengan adanya peningkatan akses keuangan, maka masyarakat yang sebelumnya tidak meiliki akun perbankan, dan berkat penggunaan teknologi hanya dengan jaringan internet saja, masyarkat di desa-desa terpencil pun bisa menjangkau layanan keuangan.

Banyak hal yang membuat perkembangan yang bisa mempegaruhi gaya hidup masyarakat di dunia, antara lain yaitu bisa mengingkatkan taraf hidup masyarakat, tidak hanya berfokus pada perolehan laba yang besar, rupanya juga bisa menaikkan taraf hidup serta daya beli masyarakat.

Dengan adanya teknologi keuangan ini bisa memberikan dampak positif dan kemudahan pada aspek kehidupan, bukan hanya keamanan namun juga kemudahan dalam bertransaksi dan juga layanan keuangan lainnya.

Adapun manfaat lainnya yaitu bisa membantu UKM agar bisa menerima modal usaha dengan melakukan pinjaman pada bank, namun pinjaman ke bank umumnya mempunyai bunga yang relatif tinggi serta sering memberatkan pelaku usaha.

Dengan kemudahan teknologi ini pelaku UMKM dapat dengan praktis mendaptkan pinjaman dari investor, juga bunga yang dibebankan lebih rendah dibandingkan dengan pinjaman bank. Selain itu kemudahan akses yang diberikan pada teknologi membuat pinjaman yang dilakukan praktis dan bisa dipertanggungjawabkan.

Kuatnya arus teknologi dalam sistem pembayaran keuangan sehingga dapat memastikan lalu lintas pembayaran yang sudah terpenetrasi oleh teknologi tetap berjalan dengan tertib dan aman.

Demi menjaga ketertiban lalu lintas pembayaran dengan melakukan berbagai hal, maka harus bisa dipastikan perlindungan bagi para pemakainya, khususnya tentang jaminan kerahasiaan data serta informasi melalui jaringan keamanan, baik dalam hal tabungan, pinjaman serta penyertaan modal, maka mewajibkan setiap pelaku untuk bisa patuh terhadap peraturan yang ada.

Pendalaman tentang pasar keuangan, sistem pembayaram menjadi pendukung operasi serta keamanan untuk menjaga data serta informasi komsumen. Seperti yang telah di sebutkan di paragraf ke dua mengenai berbagai jenis sistem keuangan digital yang sedang berkembang serta yang biasa dipergunakan oleh kalangan masyarakat, maka ada beberapa jenis keuangan digital lagi yang seringkali dipergunakan yaitu payment yang kebanyakan dipakai untuk melakukan pembayaran seperti ojek online, transportasi umum , dan  berbagai merchant seperti shopee, tokopedia, lazada dan  lain sebagainya. Hanya saja sebagian orang mungkin belum menyadarinya, padahal mereka sudah menggunakan ini setiap harinya untuk kegiatan sehari-hari.

Adapun fungsi dari sistem digital ini yaitu untuk melakukan rencana keuangan lebih praktis serta mudah, sehingga bisa dengan mudah dipantau kapan saja dan dimana saja.

Meskipun dengan adanya sistem keuangan digital ini yang penggunaannya sangat memudahkan, namun ada bahaya yang mengintai dibalik hal tersebut serta kadang kala pemerintah menyebut era keuangan digital semakin pasif membuka peluang kejahatan baru khususnya tindakan penyelewengan.

Hal ini harus bisa diantisipasi secara terencana melalui sistem yang diperbarui, disesuaikan, serta diperluas untuk memenuhi perubahan ekonomi yang terjadi, terutama pentingnya undang-undang perlindungan data pribadi, yang bisa memastikan seluruh identitas penyelenggara sistem elektronik, baik bank maupun perusahaan besar  yang menyimpan data agar mengamankan datanya. serta harus memiliki regulasi atau peraturan masing-masing di setiap negara dan  tujuannya yaitu untuk menjamin supaya perusahaan bisa menjalankan operasionalnya sesuai aturan yang berlaku, serta buat menjamin hak serta kewajiban pelanggan yang menggunakan layanan digital tersebut.