Cara Reset HP Android supaya Kembali ke Pengaturan Pabrik

Cara reset HP Android supaya Kembali ke pengaturan pabrik – Ada banyak sekali faktor yang membuat seseorang ingin mengembalikan pengaturan ponselnya ke pengaturan pabrik atau pengaturan asalnya. Dan biasanya permasalahan yang dialami sudah tergolong cukup berat.

Karena tidak bisa diatasi dengan cara-cara yang lain. Sayangnya, masih belum banyak para pengguna Android yang mengetahui bagaimana cara reset HP Android mereka agar kembali ke pengaturan pabriknya. Nah bagi Anda yang mungkin penasaran dan ingin mengetahui caranya bisa langsung simak saja penjelasan berikut ini.

Cara reset HP Android ke setelan

Selain karena berbagai macam permasalahan yang tidak bisa diatasi, ada beberapa alasan lain yang juga membuat para pengguna Android ingin mereset ponsel mereka. Salah satunya adalah karena ingin menjual HP tersebut ke orang lain. Mengapa demikian?

Karena ketika akan menjual HP seseorang pasti harus membersihkan berbagai macam data yang ada pada ponsel tersebut. Supaya tidak sampai disalahgunakan oleh pihak pembeli. Dan dengan mereset HP pihak pemilik ponsel tentu tidak perlu lagi repot-repot untuk menghapus data satu persatu.

Karena kalau di reset ya Secara otomatis Semuanya Akan dibersihkan oleh pihak ponsel. Fitur resep sendiri sudah disediakan oleh produsen. Dan caranya juga tergolong sangat mudah. Untuk itu langsung saja simak cara reset HP Android ke setelan pabrik berikut ini.

Reset lewat pengaturan

Mereset HP Android lewat pengaturan merupakan salah satu cara yang paling sering dilakukan oleh para pengguna Android. Pasalnya, mereset ponsel lewat pengaturan memang terbilang lebih mudah dan cepat lagi instan dibandingkan dengan cara yang lain.

Caranya juga tidak mengharuskan anda untuk mendownload aplikasi tambahan hanya untuk mengembalikan ponsel tersebut ke setelan pabriknya. Adapun cara yang mesti anda lakukan ialah dengan masuk ke pengaturan ponsel. Cari dan juga pilih menu backup dan reset ataupun cadangan dan setel ulang.

Klik factory data reset ataupun hapus isi yang tersimpan. Tunggu beberapa saat hingga prosesnya selesai. Dengan demikian maka HP tersebut akan secara otomatis di restart.

Baca Juga :  Aplikasi untuk Cek Saldo E-toll Terbaik

Dan ketika hidup kembali maka anda akan mendapati bahwasanya ponsel tersebut mempunyai kondisi yang sama seperti anda pertama kali membelinya. Sebelum reset HP pastikan anda sudah membackup semua data-data yang penting ya.

Reset HP di recovery mode

Cara yang lainnya ialah dengan mereset HP Android di recovery mode. Recovery mode sendiri adalah tempat sistem Android yang juga menyediakan menu untuk mereset ponsel ke setelan pabriknya. Dan pada umumnya setiap ponsel pasti mempunyai kode yang berbeda-beda.

Agar bisa masuk ke recovery mode-nya Anda masih mengetahui kodenya terlebih dahulu. Kalau untuk HP Oppo tombolnya adalah volume bawah dan Power. Untuk HP Asus power plus Volume Up, Samsung home plus volume atas plus power, Vivo power plus Volume Up, dan Xiaomi powerplus volume atas.

Jika sudah masuk ke recovery mode maka anda bisa menggunakan volume bawah untuk menggeser tombol navigasi ke bawah sementara tombol volume atas untuk navigasi ke atas. Untuk tombol home-nya digunakan Ketika anda akan memerintahkan oke. Dalam hal ini anda bisa pilih opsi factory reset.

Dengan demikian maka ponsel akan secara otomatis di restart. Tunggu saja beberapa saat sampai prosesnya selesai. Dan begitu hidup kembali maka anda akan mendapat di ponsel tersebut seperti ponsel baru.

Memanfaatkan Google

Cara reset HP Android yang berikutnya adalah dengan memanfaatkan akun Google. Caranya juga cukup mudah. Karena anda hanya perlu masuk ke situs android.com/find. Lalu silakan login ke akun Google anda, dan pilih opsi menu hapus. Dengan demikian maka seluruh data pada ponsel tersebut akan dihapus.

Kecuali data-data yang disimpan di kartu SD. Dan cara terakhir silakan restart ponsel Anda. Itulah dia beberapa cara reset HP Android Kembali ke pengaturan pabrik yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba.