Cara Menghasilkan Uang bagi Pelajar/Mahasiswa

Menjadi reseller atau dropshipper
Reseller adalah pihak yang membeli produk berupa barang pada first-hand lalu menjualnya kembali dengan harga yang lebih tinggi agar dapat keuntungan. Bedanya dengan dropshipper adalah sebagai pihak dropshipper, kita tidak memerlukan modal untuk menjual produk tersebut. Namun, kita harus pandai dalam mengamati produk apa yang memiliki banyak demand (permintaan) agar kita dapat menciptakan pasaran dan memperoleh keuntungan.

Joki tugas
Menjadi seorang joki tugas tidaklah mudah, kita harus memiliki pengetahuan yang mendalam mengenai studi yang kita tempuh. Misal, kamu adalah seorang pelajar SMA IPS dan ahli dalam pelajaran ekonomi, kamu bisa membuka joki tugas ekonomi maupun joki tugas jenjang yang berada dibawah tingkat studimu saat ini, seperti joki tugas SMP.

Freelance tutor
Jika kamu seorang mahasiswa atau pelajar yang ingin memiliki penghasilan tambahan, kamu bisa menjadi seorang tutor sesuai dengan bidang keahlianmu. Jumlah gaji yang dapat diperoleh berdasarkan dengan jam kerja maupun tingkat kesulitannya.

Affiliator
Affiliator adalah pihak yang melakukan promosi pada produk tertentu kepada konsumen. Pada poin ini, kamu akan memperoleh keuntungan, apabila konsumen berhasil membeli produk dari promosi yang kamu lakukan.

Pada poin ini, bisa kamu lakukan di salah satu market place terbesar yaitu Shopee. Kamu dapat menjadi shopee affiliator hanya dengan modal akun sosial media pribadimu, lalu kamu mempromosikan salah satu produk yang ada di market place tersebut, lalu kamu akan memperoleh keuntungan sekian persen dari konsumen yang berhasil membeli produk tersebut melalui link yang kamu berikan.

Investasi
Ketika kamu sudah memiliki penghasilan, poin ini bisa kamu lakukan agar nilai uang tabunganmu dapat berkembang. Kamu bisa mencoba investasi ini pada aplikasi seperti Bibit, Ajaib, dll. Tetapi, jika kamu belum memiliki penghasilan yang cukup, sebaiknya lebih fokuskan pada bagaimana cara memiliki multiple income dibandingkan dengan investasi ya!