Cara Mengatasi Telegram Nggak Bisa Kirim Pesan

Cara mengatasi telegram gak bisa kirim pesan – Selain banyak menggunakan aplikasi WhatsApp, masyarakat Indonesia juga banyak yang menggunakan aplikasi telegram. Karena sebenarnya kedua aplikasi tersebut tergolong mempunyai banyak kesamaan.

Salah satu kesamaan yang paling menonjol adalah dapat mengirimkan pesan secara instan dalam waktu yang sangat cepat. Aplikasi telegram bahkan sempat digada akan menggantikan aplikasi WhatsApp dikarenakan sistem keamanannya yang jauh lebih baik dibandingkan WhatsApp.

Meskipun untuk saat ini hal tersebut masih belum terjadi. Sayangnya, beberapa pengguna telegram mungkin sempat mengalami beberapa kendala ketika menggunakan aplikasi yang satu ini.

Dan salah satu kendala yang paling sering terjadi adalah telegram gak bisa kirim pesan. Nah lantas Bagaimana cara mengatasi telegram gak bisa kirim pesan tersebut? Untuk Anda yang penasaran bisa langsung saja simak caranya berikut ini.

Cara mengatasi telegram gak bisa kirim pesan

Sebelum mengetahui cara mengatasi telegram gak bisa kirim pesan anda harus menganalisis terlebih dahulu sebenarnya apa sih yang menyebabkan telegram tidak bisa mengirimkan pesan. Karena dengan menganalisis penyebabnya tentu akan memudahkan anda ketika ingin mengatasi permasalahan tersebut.

Secara umum ada beberapa penyebab mengapa telegram tidak bisa mengirimkan pesan. Seperti kualitas internet yang Anda gunakan sangat buruk dan enggak stabil, sedang ada perbaikan dari pihak telegramnya, server telegram sedang terganggu, aplikasi yang Anda gunakan belum diperbaharui, terjadi masalah pada ponsel Anda, sampah aplikasi yang sudah menumpuk, kontak yang diblokir, dan lain sebagainya.

Kalau sudah memahami beberapa penyebab tersebut sekarang silahkan pahami pula bagaimana cara mengatasi telegram yang gak bisa mengirim pesan.

Menghapus tanpa aplikasi telegram

Cara pertama yang bisa anda lakukan ialah dengan menghapus sampah aplikasi telegramnya. Dengan menghapus sampah telegram maka aplikasi akan berjalan normal kembali seperti biasanya. Ketika aplikasi ini sering anda gunakan maka sampah-sampah yang ada pada aplikasinya tentu semakin banyak.

Apalagi jika anda belum pernah membersihkannya sama sekali. Karena pada umumnya sampah-sampah yang telah menumpuk akan memberikan dampak yang buruk terhadap sebuah aplikasi. Untuk cara menghapus sampah telegramnya sendiri tergolong sangat mudah.

Yang perlu Anda lakukan hanya membuka aplikasi, kemudian klik pada icon berbentuk garis 3 yang ada di sebelah kiri bagian atas. Lalu pilih menu pengaturan, dan klik pada data dan penyimpanan.

Berikutnya silahkan masuk ke menu pemakaian penyimpanan, dan pilih yang bersihkan cache atau bersihkan sampah. Cara ini nantinya bisa anda lakukan ketika ingin membersihkan sampahnya secara berkala.

Merestart HP

Cara mengatasi telegram yang gak bisa mengirim pesan berikutnya ialah dengan merestart HP. Cara yang satu ini tergolong jauh lebih mudah dibandingkan dengan cara yang pertama. Meskipun demikian namun cara ini dipercaya ampuh dalam mengatasi berbagai macam permasalahan ringan pada ponsel dan juga aplikasi.

Baca Juga :  Cara Menghilangkan Embun di Kamera HP

Hal ini mungkin dikarenakan ketika ponsel sedang di restart ada beberapa sistem yang tengah diperbaharui. Nah untuk cara merestartnya sendiri bisa disesuaikan dengan ponsel yang Anda gunakan.

Karena biasanya setiap ponsel pasti menawarkan cara restart HP yang berbeda-beda. Kalau masih bingung cara merestartnya ya Coba saja untuk mematikannya. Kemudian menghidupkannya kembali.

Mengupdate aplikasi

Adapun Cara lainnya ialah dengan mengupdate aplikasi telegram. Karena gagalnya Anda mengirimkan pesan ke orang lain bisa saja disebabkan oleh aplikasi yang belum juga diperbaharui. Dan kalau kita perhatikan cara mengupdate aplikasinya juga terbilang mudah.

Adapun cara yang dapat anda lakukan ialah dengan langsung pergi ke Google Play Store ataupun App Store. Klik pada menu pencarian dan tuliskan nama aplikasi telegram. Klik pada hasil pencarian nomor atas dan klik tulisan perbarui atau update yang terdapat di sebelah kanan. Tunggu sampai prosesnya selesai.

Buka kontak yang diblokir

Ketika anda sudah memblokir sebuah kontak itu artinya Anda tidak akan lagi bisa mengirimkan pesan ke nomor tersebut. Dan mungkin salah satu penyebab mengapa anda gagal terus mengirimkan pesan ialah dikarenakan nomor tersebut yang telah anda blokir.

Maka dari itu nggak ada solusi lain untuk mengirimkan pesan ke nomor tersebut kecuali dengan membuka blokirannya. Adapun cara yang bisa anda lakukan ialah dengan membuka aplikasi telegram dan pergi ke bagian pengaturan.

Ketika menu-menu pengaturan sudah muncul silakan pilih yang privasi dan keamanan. Lalu klik pada daftar blokir dan Cari kontak yang sudah anda blokir tersebut. Kemudian klik pada icon berbentuk. Tiga Di nama penggunanya lalu klik lepas blokir. Kalau sudah anda bisa langsung coba mengirimkan pesan kembali ke nomor tersebut.

Gunakanlah koneksi internet yang stabil dan baik

Penyebab yang paling umum Mengapa seseorang gagal mengirimkan pesan ke orang lain ialah koneksi yang tidak stabil dan cukup buruk. Dan kondisi tersebut bukan hanya akan berdampak buruk terhadap penggunaan aplikasi telegram saja.

Tapi juga akan berpengaruh buruk terhadap penggunaan aplikasi yang lainnya. Maka dari itu Usahakan untuk menggunakan koneksi internet yang stabil dan baik supaya mempermudah anda untuk mengakses berbagai macam informasi di berbagai aplikasi.

Menunggu server pulih

Server yang tengah dalam masa perbaikan juga termasuk ke dalam salah satu penyebab mengapa pengguna telegram gak bisa mengirimkan pesan. Dan jika penyebabnya adalah server Tengah melakukan perbaikan maka cara mengatasi telegram yang gak bisa mengirim pesan hanyalah dengan menunggu servernya pulih kembali.

Itulah dia beberapa acara mengatasi telegram yang gak bisa mengirim pesan yang bisa Anda coba. Semoga bermanfaat dan selamat mencoba