Cara Mengatasi HP Mati Total Supaya Hidup Kembali

Cara Mengatasi HP Mati Total Supaya Hidup Kembali

Cara mengatasi HP mati total supaya hidup kembali – HP mati total merupakan sebuah kondisi yang membuat para pengguna ponsel merasa sangat khawatir. Yakni khawatir kalau ponselnya tidak dapat hidup kembali.

Dan biasanya tidak sedikit orang-orang yang mengatasi hal tersebut dengan mencabut baterai, flashing room, melakukan pengecekan kabel pengisian daya, dan berbagai macam cara yang lainnya.

Padahal sebenarnya permasalahan yang terjadi biasanya bukan hanya dikarenakan baterai ponsel yang rusak, melainkan rusaknya sistem perangkat yang digunakan.

Sehingga rasanya tidak ada faedahnya kita mencabut baterai hanya untuk mengatasi permasalahan tersebut. Hal ini dikarenakan penyebabnya bukan pada bagian baterai. Nah untuk itu nggak usah khawatir karena kami akan membahas beberapa cara mengatasi HP mati total supaya bisa hidup kembali.

Cara mengatasi HP mati total

HP yang mati total sendiri biasanya disebabkan oleh banyak hal. Mulai dari usianya yang sudah tergolong sangat tua, jatuh dari ketinggian, kontak keras dengan benda lain, terendam air, dan lain sebagainya. Untuk itu silakan atasi dengan beberapa cara berikut ini.

Factory reset dari recovery

Cara pertama yang bisa dilakukan ialah dengan melakukan factory reset dari recovery mode. Caranya bisa dilakukan ketika ponsel Anda terjebak pada bootloop sesaat. Kemudian mati kembali dan gak nyala-nyala. Hal ini biasanya dikarenakan oleh gangguan perangkat lunak.

Misal ketika Anda selesai memodifikasi sistem atau memperbaharui sistem operasinya ke versi yang terbaru. Nah jika memang matinya ponsel Anda dikarenakan hal tersebut maka bisa diatasi dengan cara factory reset dari recovery mode.

Caranya adalah dengan tahan tombol volume up and down, bersamaan dengan tombol power hingga beberapa detik. Dengan demikian maka anda akan dibawa ke menu recovery modenya. Lalu memanfaatkan tombol volume bawah

Untuk menggeser layar menemukan menu factory reset yang ada di bagian bawah. Kemudian tinggal klik saja tombol power agar menunya terpilih. Terakhir tinggal tunggu hingga prosesnya selesai.

Flashing ROM

Cara mengatasi HP mati total yang berikutnya adalah dengan flashing ROM. Cara yang satu ini membutuhkan keahlian teknis. Dan dengan melakukan flashing ROM, maka terdapat banyak masalah yang bisa diperbaiki.

Terutama masalah-masalah yang disebabkan oleh firmware yang telah rusak ataupun tidak kompatibel. Hanya saja kami tidak begitu merekomendasikan cara yang satu ini. Karena ia meski dilakukan oleh mereka yang sudah berpengalaman.